Monday 1 October 2012

Membuat Hallo World

Langkah langkah membuat hallo world di android
1. langkah pertama adalah buka Eclipse nya, kemudia pilih Menu File > New > Android Project, atau lihat gambar dibawah ini.

2. langkah yang kedua adalah buat nama projectnya, disini saya buat dengan nama “hallo” seperti gambar dibawah, setelah itu klik tombol next.
3. langkah ketiga yaitu pilih SDK nya, disini saya menggunakan android 2.2 lalu tekan tombol next, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini,.
4. Langkah yang ke empat adalah setelah pilih SDK nya kita lanjutkan membuat package name, activity, dan minimum SDK atau liahat gambar berikut :)
5. setelalah klik finish, maka pembuatan new project selesai, kemudian lihat package explorer dimenu samping kiri ada project yang baru saja kita buat, yaitu hallo, kemudian buka folder hallonya, kemudian pilih res, layout, kemudian buka file main.xml nya. Setelah itu buat tulisan dibawah hallo word dengan tulisan sesuka kita, disini saya membuat tulisan “ini program pertamaku :) ”, caranya adalah klik menu form widgets kemudian drag & drop tulisan textview ke layar warna hitam, kemudian double click tulisan text view tersebut dan ganti namanya dengan nama yg anda inginkan, dibawah ini adalah tampilan setelah textview di double click. Kemudian ganti nama andoid textnya dengan nama sesuka anda.
6. Tugas kita sudah selesai, kemudian untuk menjalankan program tersebut, pilih menu hallo yang ada disamping kiri, kemudian pilih src > halloword.java, kemudian klik run, maka hasilnya akan seperti dibawah ini. Semoga sukses gan :)

0 comments:

Post a Comment